Pages

Thursday, March 14, 2019

Boeing 767 Max Dikandangkan, Penumpang Lega

Kekhawatiran dirasakan oleh penumpang pesawat rute domestik.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pengguna jasa transportasi udara di Bandara Soekarno-Hatta mengaku lebih merasa aman dari bayang-bayang kemungkinan kecelakaan yang bisa menimpa mereka. Hal ini desebabkan oleh respons cepat pihak terkait yang melarang sementara penerbangan Boeing 737 Max 8.

"Khawatir ada, apalagi setelah tahu kemarin ada kecelakaan juga di Ethiopia yang jenis pesawatnya dipakai juga buat rute domestik di indonesia," jelas salah seorang pengguna transportasi udara di Soetta,  Muhammad Iqbal, Kamis (14/3).

Menurutnya, kebijakan pelarangan terbang pesawat jenis itu mengurangi ketakutan penumpang dari bayangan kecelakaan. Apalagi mengingat pesawat dengan jenis yang sama menjadi kendaraan yang menewaskan ratusan penumpang di Karawang, Oktober lalu.

Menurut Iqbal yang ternyata juga merupakan seorang manejer di salah satu perusahaan travel umrah, kekhawatiran pada maskapai yang menggunakan Boeing 737 Max 8 ini biasanya dirasakan oleh penumpang pesawat rute domestik yang tujuannya adalah berlibur atau jalan-jalan. "Kalau pakai Lion yang tujuannya umrah, biasanya para jamaah itu sudah pasrah karena kan tujuannya ibadah, jadi nggak ada keluhan," ujarnya.

Seperti diketahui, Boeing 737 Max 8 juga dipakai maskapai Lion air pada rute internasional. Penerbangan internasional digunakan untuk mengangkut penumpang dengan tujuan umrah dan Cina. 

Beberapa kali Iqbal mengakui, perusahaannya bekerja sama dengan Lion air untuk mengangkut jamaahnya pergi umrah. Selama ini, belum pernah ada keluhan masalah pesawat yang dirasakan jamaahnya. Ditambah lagi psikologi jamaah umroh yang sudah menyiapkan lahir-batinnya untuk ibadah.

Corporate Communications Strategic maskapai Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengaku bahwa dalam pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8 selama ini, Lion Air mengutamakan prinsip keselamatan dan keamanan penerbangan. Seluruh awak dilatih dengam baok dan pesawat rutin dicek.

"Lion Aor melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat," tutur Danang.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2O2YPOV
March 14, 2019 at 06:12PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2O2YPOV
via IFTTT

No comments:

Post a Comment