Pages

Saturday, December 15, 2018

Jepara Bakal Miliki Kebun Raya

Pembangunan kebun raya ini akan mendapatkan pendampingan dari LIPI.

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bakal memiliki objek wisata kebun raya seperti halnya Kota Bogor. Anggota Komisi VII DPR RI Daryatmo Mardiyanto mengatakan langkah ini menyusul keseriusan pemerintah daerah setempat dalam menyediakan lahannya. "Pemkab Jepara memang sudah menyiapkan lahan yang bisa dipilih sebagai kebun raya," ujarnya di Jepara, Sabtu (15/12).

Di antaranya, kata dia, di Kecamatan Pakisaji dan Kecamatan Mayong yang tersedia lahan cukup luas. Kedua lokasi tersebut, kata dia, sudah ditinjau oleh tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Nantinya, kata dia, dalam pembangunannya akan mendapatkan pendampingan dari LIPI. "Tim dari LIPI akan memberikan asistensi dan pengarahan, termasuk tata letak dan jenis tanaman yang hendak ditanam," ujarnya.

Menurut dia, koleksi yang ada di kebun raya tersebut harus diprioritaskan tanaman lokal yang mulai langka. Setidaknya, kata dia, nantinya kebun raya tersebut bisa menjadi pusat studi maupun tempat resapan air, selain pula menjadi salah satu objek wisata di Jepara.

Pemerintah Kabupaten Jepara, Daryatmo mengatakan, memang menginginkan adanya kebun raya di setiap kabupaten/kota. Pasalnya, kata dia, upaya konservasi di kebun raya terbatas dengan ketersediaan lahan, sehingga perlu dibuat kebun raya di masing-masing daerah.

Dalam pengelolaannya, kata politisi PDI Perjuangan ini, bisa diserahkan kepada BUMD setempat. Meskipun sudah tersedia dua calon lokasi, dia memperkirakan, upaya membuat kebun raya di Kabupaten Jepara masih membutuhkan persiapan hingga beberapa tahun mendatang.

"Harapannya dalam jangka empat tahunan sudah bisa direalisasikan karena nantinya juga ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Jepara dengan LIPI," ujarnya.

Selain dibebani penyediaan lahan, kata dia, Pemkab Jepara juga bertanggung jawab atas penyediaan akses jalan maupun sarana serta prasarana lainnya. Pembangunan kebun raya tersebut, merupakan hasil prakarsa antara Komisi VII DPR RI, LIPI dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2CfzYmY
December 15, 2018 at 09:44PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2CfzYmY
via IFTTT

No comments:

Post a Comment