Pages

Wednesday, February 13, 2019

Indra Sjafri Tetapkan 23 Pemain Menuju Piala AFF U-22 2019

Ia mencoret banyak nama lantaran kuota dan evaluasi saat latihan dan uji coba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menetapkan 23 pemain yang dipastikan tampil di Piala AFF U-22 2019. Pemain hasil dari pemusatan latihan itu sekaligus proyeksi penggawa Garuda Muda untuk kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2019.

“Pemain-pemain yang terpilih ini berdasarkan kualitas dan kebutuhan tim,” kata Indra dalam rilis resmi PSSI yang diterima wartawan, Rabu (13/2).

Indra terpaksa mencoret banyak nama lantaran kuota dan juga evaluasi saat pemusatan latihan dan uji coba. “Pemilihan pemain, dengan melihat kualitas saat pemusatan latihan, dan beberapa kali uji coba,” ujar dia.

Indra sejak 7 Januari memulai pemusatan latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Hampir 40 nama pemain ia minta mengikuti pemusatan latihan. Termasuk sejumlah bintang timnas, seperti Ezra Wallian, Egy Maualana, dan Saddil Ramdani yang bermain di luar negeri. Akan tetapi, nama-nama bintang timnas tersebut, tak masuk dalam daftar 23 nama yang Indra tetapkan menuju Piala AFF.

Sebab sejak awal pemusatan latihan, klub yang mengikat kontrak para pemain tersebut tak mengizinkan pulang ke Indonesia. Piala AFF bukan gelaran FIFA yang mengharuskan klub merelakan pemainnya memperkuat skuat Garuda Muda.

Indra tak mempersoalkan. Karena sejumlah penggawa timnas yang bermain di kompetisi lokal pun menurutnya punya kualitas yang tak kalah.

Sampai Rabu (13/2), selama pemusatan latihan, para pemain Indonesia U-22 sudah melakoni tiga kali uji coba. Hasilnya tampak tak memuaskan, karena tak pernah menang. Tiga kali uji tanding, timnas selalu bermain imbang. Skor 2-2 saat menghadapi Bhayangkara FC, imbang 1-1 saat melawan Arema FC, terakhir kembali imbang 1-1 kala tandang ke markas Madura United FC.

Indra mengakui, hasil imbang tiga kali itu tak sesuai yang ia harapkan. Akan tetapi, menurut dia, secara kualitas dan penampilan, para pemainnya mampu mengantisipasi tim-tim papan atas nasional.

Apalagi, lanjut Indra, tim-tim yang dihadapi timnas U-22 berisikan para penggawa senior dan pemain asing yang kaya jam terbang merumput. “Secara hasil uji coba memang kami cuma bermain imbang. Tetapi, ada proses dan kemajuan yang signifikan yang ditampilkan pemain-pemain saya,” kata dia melanjutkan.

Menurut indra, kemajuan tersebut tampak dari gaya bermain dan pengorganisasian permainan yang lebih baik. Indra sejak awal pemusatan latihan menerapkan pola permainan yang agresif dan menguasai bola dengan umpan-umpan pendek. Pola tersebut tampak sesuai saat pertandingan uji coba.

“Besok (14/2), kami akan menjalani latihan terakhir di Indonesia, sebelum menuju Piala AFF. Saya berharap, pemain masih dapat terus berkembang dan menunjukkan performa terbaiknya,” ujar Indra menjelaskan.

Di Piala AFF nanti, Indonesia U-22 tergabung dalam Grup B, Myanmar, Malaysia, dan tuan rumah Kamboja. Gelaran tersebut akan dimulai pada 17 Februari.

Indonesia akan memulai laga pada 18 Februari. PSSI tak memberikan target apapun dari gelaran tersebut. Karena sebetulnya Piala AFF ini cuma sebatas persiapan Indonesia untuk menghadapi kualifikasi Piala AFC pada Maret mendatang dan memastikan medali emas SEA Games 2019 Desember mendatang.

Berikut 23 nama pemain Indonesia U-22 ke Piala AFF U-22 2019 Kamboja

Kiper

1. Awan Setho, Bhayangkara FC

2. Satria Tama, Madura United

3. M Riyandi, Barito Putera

Belakang

4. Asnawi Mangkualam, PSM

5. Fredyan Wahyu, PSMS

6. Rachmat Irianto, Persebaya

7. Nurhidayat, Bhayangakara FC

8. Andy Setyo, PS Tira Persikabo

9. Bagas Adi, Bhayangkara FC

10. Firza Andika, AFC Tubize

11. Samuel Christianson, Sriwijaya FC

Tengah

12. Kadek Agung, Bali United

13. M Luthfi Kamal, Mitra Kukar

14. Hanif Sjahbandi, Arema FC

15. Rafi Syaharil, Barito Putera

16. Gian Zola, Persela Lamongan

17. Sani Riski Fauzi, Bhayangkara FC

18. Witan Sulaiman, SKO Ragunan

19. Billy Keraf, Borneo FC

20. Todd Rivaldo, Persipura

21. Osvaldo Haay, Persebaya

Depan

22. Marinus Wanewar, Persipura

23. Dimas Drajad, PS Tira Persikabo

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2SJjInf
February 13, 2019 at 07:33PM from Republika Online RSS Feed http://bit.ly/2SJjInf
via IFTTT

No comments:

Post a Comment